Rabu, 07 September 2016

Transisi

Well come school adalah kegiatan yang terlihat di pagi hari dari jam 07.30-08.00
Menurut drg. Wismiarti Tamin dalam sambutannya pada pembukaan observasi di Sekolah Al-Falah Jakarta Timur (1/7) Anak-anak datang pada pukul setengah delapan tapi guru datang satu jam sebelum anak datang. karena gurupun perlu transisi. Jika guru datang bersamaan dengan anak maka akan sama heboh nya.
Beliaupun merinci beberapa fungsi kegiatan transisi yakni untuk membereskan fikiran, membereskan fisik dengan mencukupkan makan dan minum, tidak terburu-buru.
Dalam hal membereskan fisik selain dengan makan minum yang cukup, saya lihat di ruang transisi Alfalah ada sebuah cermin setinggi badan untuk membereskan penampilan sebelum masuk kelas. Setelah menata kepercayaan diri tampil di depan anak, mulailah guru menata lingkungan, sehingga saat anak datang
Sehingga saat anak datang, semua sudah siap. Saat transisipun digunakan untuk briefing selama 5 menit untuk mengingat kembali siapa yang bertugas menyambut anak, siapa yang berada di ruang transisi anak dan siapa yang berada di ruangan kelas untuk mendampingi bermain bebas di dalam dan tidak intervensi apapun tentang mainan yang dipilih anak bahkan saat ada anak yang hanya memilih duduk sajapun guru hanya mengucapkan "selamat duduk" atau "selamat jalan-jalan" pada anak yang memilih jalan-jalan dan tas nya masih dipunggungnya. Setelah itu mereka baru melakukan jurnal, ikrar, doa dan main bebas di luar.
Semakin kecil usia anak semakin panjang waktu yang ia butuhkan untuk transisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar