Selasa, 16 Agustus 2016

Indonesia Tradisional Game-SONDAH MANDAH

Kemarin Avia berkata,”Aku pilih sepatu yang gak lepas kalau meloncat.” Tangan mungilnya dengan gesit memakai sepatu, posisinya badannya duduk untuk memudahkan pemakaian sepatunya. Hari ini Avia dan teman-teman bersemangat untuk bermain Sondah mandah atau di Purwakarta lebih dikenal dengan SONDLAH. Bagaimana di daerah anda? Apakah namanya “engkle?” he... apapun namanya kita memainkannya dengan pola yang sama bukan?
Kita akan loncat diatas kotak-kotak berjumlan 7 kotak. Semua pemain melalui rintangan yang sama, mulai dari menginjak kotak dengan satu kaki sampai kotak ke-7, kemudian kembali lagi ke kotak pertama dengan tantangan yang berbeda seperti menutup mata sampai ke kotak terakhir.
Fajar menulis pada http://www.kompasiana.com/jarhie/ni... bahwa “Dengan ini kita disadarkan bahwa setiap hari adalah kerja keras, hasilnya dalam permainan ini kita akan mendapatkan bintang disalah satu kotak tersebut, bintang tersebut bisa digambar sebagai rumah hasil kerja keras kita setiap hari, maka orang lain tidak diperkenankan mengganggu rumah kita, sehingga pemain berikutnya tidak akan menginjak kotak yang telah terisi bintang kita, dia harus meloncat lebih jauh ke kotak berikutnya.”
Saya sendiri ingin menambahkan bahwa konsep hak milik tertanam disini, Kita tidak akan pernah masuk pada bintang rumah orang lain begitupun sebaliknya. Ada sanksi saat tak sengaja menginjak bintang orang lain yakni “LASUT” atau giliran main kita selesai dan teman kita mulai bermain.
“Dalam permainan ini akan ada pemain yang mempunyai 3 – 4 bintang berkat kerja kerasnya, berbeda dengan yang sering kalah dalam permainan, dia tidak akan memiliki bintang tetapi hanya lompat dan lompat terus, dalam kehidupan nyata pun seperti itu, yang tidak mempunyai rumah akan mengontrak sana-sini tanpa mempunyai rumah yang tetap. Permainan ini mengajarkan kepada kita pentingnya kerja keras. “ Begitu ungkap Fajar berikutnya.
Dalam penelitiannya Zaini arif menemukan bahwa di Brazil, permainan ini disebut dengan Amarelinha From Earth to Heaven, 7 kotak melambangkan earth (bumi) dan lingkaran di paling atas melambangkan heaven (surga). Tujuan akhir permainan ini adalah menaruh bintang di bulatan teratas, semua pemain akan mempunyai satu bintang di bulatan tersebut, itu melambangkan semua dari kita akan mempunyai rumah di surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar