Selasa, 16 Agustus 2016

TIPS BANGUN SUBUH SEGAR BUGAR


Oleh Habibah Sirojudin
Berapa jam sih waktu yang dibutuhkan untuk tidur, sehingga anak dapat mengikuti kegiatan tepat waktu? Pertanyaan ini muncul dari beberapa orang tua yang sering kali dipusingkan oleh ulah anak nya yang susah bangun saat subuh. Mungkin anda salah satunya.
lagi-lagi usia sangat mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk tidur. Semakin kecil usia anak semakin banyak waktu yang dibutuhkannya.
anak usia SD umum nya membutuhkan waktu tidur 10 -11 jam/hari. Anak preeschool umumnya membutuhkan waktu tidur 11-13 jam/hari. Anak toodler/Batita membutuhkan waktu 12-14 jam/hari dan bayi membutuhkan
14 sampai 15 jam/hari. Begitu yang dilansir oleh majalah parenting.
Jika kebutuhan tidur anak tak terpenuhi maka akan berpengaruh pada kegiatannya. Jika anak tidurnya lama namun tetap merasa ngantuk di siang hari itu tandanya tidurnya tidak berkwalitas.
Berikut tiga tips agar tidur berkwalitas ala drg. Wismiarti Tamin
PERTAMA MAKANAN
Makanlah protein 30 menit sebelum tidur, boleh protein hewani atau nabati. Protein dicerna dan digunakan setelah 8-9 jam, artinya badan akan terasa segar saat bangun pagi dan energi sudah siap guna dari protein tadi malam.
KEDUA, Hindarkan anak dari segala jenis layar, baik itu TV, Laptop,Gedget dan lain-lain. dr. Anak Ayu Pratiwi berkata:"Jangan bangga anak mampu bermain segala jenis gedget, itu bukan pintar bahkan merusak otak anak. Bahkan drg. Wismiarti mengatakan Layar berpengaruh pada pemisahan serabut otak depan dan belakang sehingga membuat anak abai dengan segala kegiatan di sekitar.
KETIGA, Bacalah bacaan ringan, mengaji misalnya, baca buku cerita dll.
Dukunglah ketiga tips diatas dengan membuat jadwal tidur sesuai usia anak, misalnya jika anak anda usia balita, yang membutuhkan waktu 12-13 jam, bagilah waktunya 11 jam tidur malam dan dua jam tidur siang. jika anak akan bangun jam 05.00 pagi berarti ia harus sudah tidur pada jam 07.00 malam. Maka mulailah melakukan kegiatan sebelum tidur dari jam 18.00
Jika tiga hal diatas dilakukan konsisten, maka anda akan merasakan manfaatnya.
Sudah siap mengatur pola tidur anak anda?
Jika yang lain bisa, andapun pasti bisa.
Selamat mencoba ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar