Selasa, 16 Agustus 2016

SIAPKAN MENTAL ANAK

Entah dari mana avia si usia toodler ini tahu kosa kata "kalah dan menang", Saat kami menaiki tangga ia memintaku untuk berhenti dan ia berjalan mendahului.
"Bunda, bunda diam dulu aku mau menang." Begitu celotehnya.
Saat saya tak sengaja sampai di suatu tempat mendahuluinya, ia menangis dan berteriak, "Aku ingin menaaang, bunda balik lagi, bunda yang kalah."
Saat makan bersama kakak Aza ia akan berusaha menghabiskannya lebih cepat dan berkata, "Aku menang."
Saya terpaku menyaksikan keadaan ini, saat saya tak disampingnya banyak pengaruh lingkungan yang membuat saya hawatir.
Apa yang terjadi jika ia harus selalu mencapai target MENANG, Jika suatu saat ia kalah bagaimana ia menghadapinya. Anak kecil tak boleh kecewa, tapi pun tak mungkin akan selalu menang.
Hari ini Kakak Aza dan Avia pulang sholat maghrib dari Mushola dan Kakak Aza bersorak, "Aku menaaang." Namun betapa LEGA hati saya saat Avia berkomentar, "MENANG ATAU KALAH BIASA SAJA."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar