Selasa, 12 Juli 2016

Harus sudah Bisa Apa Anak Tahun

Pagi ini Avia rajin membantu bunda menjemur pakaian. Ia berkata "Via bantu... via bantu." "Oh ya silahkan" jawab saya. Lalu saya memverbalkan apa yang saya lakukan. "Bunda memeras agar airnya berkurang, perras perras, lalu bunda mengebut agar kainnya rata, lalu bunda jemur dan rapikan agar keringnya merata." Lalu avia mengikuti dan memverbalkan pula apa yang ia lakukan. "Via pelas.. pelas... via kebut... via jemul... ada, ada jalak (jarak) antala teman ya celana...." ucapnya sambil menggeser celana panjang mililknya yang terjemur berdempetan...
Saya terpesona karena kalimat terahir ia temukan sendiri....
Apakah Avia hebat???
Avia biasa saja karena menurut Jean Piaget bahwa anak usia tiga tahun memang sudah sadar tentang “jarak” walaupun Avia memang butuh watu 2 bulan lagi sampai di usia 3 tahun.
Akankah semua anak sadar tentang jarak di usia 3 Tahunnya ??
Jika program yang dibuat sesuai tahapan maka insya Allah akan tercapai, namun jika tidak, maka anak mengalami keterlambatan. Maka jadi guru, jadi orang tua dituntut faham dan mengerti tentang tahap perkembangan anak sehingga membuat program yang sesuai dengan tahapannya. Jika kita tak faham maka mungkin kita akan memberinya program tentang pengenalan jarak ini di usia 4 atau 5 tahun, sehingga fotensi kecerdasannya tidak maksimal. tidak pula memberi program tentang “jarak” ini di usia 2 tahun karena hal ini akan sia-sia. otak anak belum sampai pada pemahaman tentang ‘jarak’
Apakah saya faham tahap perkembangan anak???
hehe masih lihat kamus sih...... jadi jika Avia usia 2 Tahun maka saya memprogram dia untuk naik tahapannya ke usia 3 tahun. Masih buka tutup buku catatan, tanya sana sini dan masih banyak salah sana sini. namun tetap semangat membangun kecerdasana anak, memperbaiki kesalahan, kita hanya usaha maksimal dan hasilnya Allah yang tentukan.
Begitupun anak anak di Sekolah Salsabila akan diprogram menurut tahap perkembangannya masing masing... Jika belum sesuai dengan tahapannya maka kita akan restart ulang dari mana ia mulai.
Maka bersabarlah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar