Selasa, 12 Juli 2016

Kapan Anak Mulai Belajar Membaca?

Anda tahu anak usia 3 tahun sudah memiliki 3000 kosa kata dan meningkat setiap tahunnya.
Kosa kata adalah awal anak belajar membaca.
Siapkan benda aslinya saat kita kenalkan kosa kata "APEL", deskripsikan informasi apel sebanyak yang kita tahu. Semakin banyak informasi tentang apel yang kita deskripsikan semakin kuat tahap baca anak tentang apel. siapkan symbol APEL (berupa gambar apel) dari buku buku tentang apel, tahap berikutnya sign abstrak apel berupa tulisan "APEL" tanpa kita beritahu huruf per huruf, yakni kita tidak memberitahu bahwa kata 'apel' terdiri dari huruf A,P,E dan L karena secara alami otak anak akan menemukan sendiri.
Ada yang bicara bahwa tidak mungkin temuan Pieget ini di terapkan di indonesia, tapi kenyataannya "Bisa" . Anak mendengar explorasi suara, explorasi bunyi, bermain kata yang punyi bunyi yang sama, explorasi bibir, mulut, product suara, mencari bunyi yang sama, disiapkan kartu huruf, mengkaitkan, membandingkan, membedakan. Kata pertama yang anak kenal adalah namanya karena setiap hari guru menulisnya di kertas jurnal anak.
Ibu Retno buat nama Ssseo, sssssss seperti suara ular.
Kita tidak memgkritik anak jika anak salah, seorang anak toodler mengatakan -"aku lihat huruf mamah waktu beli makanan." -"oh ya beli makanan nya di Mc D. Ada huruf M disana, m untuk mama dan m untuk Mc.d, sama.... Apa bedanya ? Mamah dan Mc D. -Mamah m nya ada 2, Mc D ada satu Guru ikut bergembira atas keberhasilan anak sampai ahirnya anak mampu menemukan sendiri. (Bahwa kata Mamah terdiri dari huruf M, a, m, a h).
Sekali dia menemukan sight word, semua huruf dalam satu kata berarti dia menemukan kunci untuk menemukan huruf huruf dalam kata yang lain dan dia tidak perlu spell lagi.
Saat anak membaca gambar, kejadian dan urutan itu berarti anak mulai belaje membaca advance
Saat kita akan baca cerita untuk anak, maka kita baca dulu untuk diri sendiri lalu tanya siapa yang akan dibacakan cerita apakah baby, toodler atau TK. Bermain puzzle adalah awal dari membaca peta. Memainkan urutan dalam bermain peran adalah mendukung tahapan membaca. Recalling adalah mendukung tahapan membaca.
Saat anak menunjuk sebuah pesawat, berapa banyak kosa kata yang dapat kita deskripsikan? Apakah hanya kata "pesawat"? atau kita deskripsikan hal hal yang berhubungan dengan pesawat. Lihat ada pesawat. Pesawat bisa terbang. Ada sayap di pesawat.
Deskripsikan satu informasi satu kalimat untuk anak toodler. Ketika kita deskripsikan sebuah benda, rentan konsentrasi anak bertambah....
Suatu hari anak toodler berjalan ke tempat pensil. Saya tahu ia akan menyimpan pensil tapi tetap kita tanya "Seo mau ke mana?"
"Mau simpan pinsil" "Ooh dimana disimpannya?" Padahal saya tahu jawabannya tapi tetap saya tanya karena anak toodler sangat senang ditanya. Di tempat pinsil. "Bagai mana cara menyimpannya?" Dan seterusnya. Sehingga nanti jika ia menemukan sesuatu anak akan bertanya. "Ini tempatnya dimana?" Artinya anak belajar klasifikasi. Jika anak terbiasa klasifikasi artinya ini adalah tahapan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar