Selasa, 12 Juli 2016

JANGAN TAK ACUH DENGAR ANAK ORANG BICARA KASAR

Sangat penting memilihkan lingkungan untuk anak. Karena pengaruhnya sangat berbekas. Muhammad kecil dipihkan lingkungan yang baik di Abwaa demi membentuk otak cemerlangnya.
Saat bergabung dengan lingkungan luar di sebuah kolam renang, Avia tak henti-hentinya bertanya: "Kenapa olang-olang buang campah di cini? tuh ada tempat campah di cana.", Kenapa olang-olang ketuk pintu Kamal mandi kenceng-kenceng, aku kaget.", "Olang-olang bicala apa?".Ban aku mana? Kenapa ga ijin ambil ban aku?. Kalo mau pinjam. ijin dulu....
Sikap Kritisnya muncul, ia selalu bertanya kenapa orang-orang tidak ikut aturan. Parahnya lagi bahasa yang keluar dari anak-anak usia SD di kolam renang itu benar-benar bahasa jalanan yang sangat mengerikan...
Ya... itu fenomena, dan ini dianggap bukan masalah atau masalah kecil. Masih banyak masalah-masalah besar di luar sana, Pornografi, pelecehan seksual, LGBT dan banyak lagi dan itu dilakukan oleh anak di bawah umur. Mereka bukan anakku, juga bukan anak didiku, apa peduli aku dengan mereka? mungkin itu yang terfikir Para orang tua yang berjajar menunggu anaknya renang.
Aku yang agak-agak introvert (katanya) ini mulai memikirkan nasib anak-anak bangsa ini, biarlah mereka memandang aneh dengan kepedulianku terhadap mereka.
"Apakah boleh panggil teman dengan sebutan binatang?, sebut namanya." ujarku "Tidak..., Dia bu yang biang begitu... ,"jawabnya sambil menunjuk temannya yang lain lalu mereka saling menuduh. namun tak terdengar lagi bahasa jalanan itu sampai Kami pulang.
Bukan hanya peduli pada mereka, namun terlebih pada anak-anaku, anak-anaku mendengar dan melihat apa yang mereka bicarakan. dan ini tidak aman, penebalan myelin pada sambungan otak mereka harus ditipiskan dengan meminimalisir informasi negatif itu. semoga informasi positif akan menghapus informasi negatif itu.
Saat pintu kamar mandi di gedor anak-anak SD itu, aku informasikan bahwa ada cara yang baik mengetuk pintu, ketuklah pelan-pelan dan tanyakan apakah bisa lebih cepat? Mereka tersipu malu, mungkin ingin meminta maaf namun tak terucap, karena mereka tak terbiasa melakukan itu.
*Ingin anak anda terbiasa meminta maaf, Meminta Ijin saat meminjam barang? membuang sampah pada tempatnya, dan banyak lagi sikap-sikap positif lainnya? Biasakanlah membentuk karakter anak di rumah pada semua kegiatan. Jika tak sempat karena ayah ibu bekerja, bergabunglah bersama kami di Salsabila BABY HOUSE Purwakarta, Senin-Jumat Jam 07.30-13.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar